KATA PENGANTAR

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Salam Hormat,

Alhamdulillah, segala puji bagi ALLOH Subhanahu Wa Ta'ala. Tuhan yang telah menciptakan otak dan pikiran pada kita semua sehingga kita dapat membedakan antara yang terang, gelap dan abu-abu.

Setelah sekian lama aku impikan, akhirnya dapat juga menyelesaikan blog ini. Blog ini diperuntkkan untuk siswa, mahasiswa, calon guru, dan guru serta para pencinta MATEMATIKA

Penulis, menyadari bahwa blog ini sangat jauh dari harapan dari para pembaca, untuk itu saran dan kritik membangun dapat langsung diberikan baik melalui sms dan email.

Hormat Kami,
Abdul Muiz, M.Pd
SMS. 081703789269
Email. muiz.math@yahoo.co.id

KEGIATAN PMRI

JEMBATAN PMRI

Minggu, 18 Juli 2010

PMRI vs KOOPERATIF

KARAKTERISTIK PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Oleh : ABDUL MUIZ, M.Pd

ABSTRAK

Pendidikan matematika realistik adalah suatu pendekatan pembelajaran dalam matematika yang mengajarkan siswa untuk mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari-sehari. Terdapat 5 (lima) karakteristik dalam pendidikan matematika realistik, yaitu: menggunakan masalah kontekstual (The use of contexts), menggunakan model sendiri (The use of models), menggunakan kontribusi siswa (Student contribution), interaktivitas (interactivity), terintegrasi dengan topik pelajaran yang lainnya (intertwinning). Makalah ini, mencoba memasukkan kelima karakteristik tersebut dalam pembelajaran kooperatif.

Kata Kunci:
Pendidikan Matematika Realistik, Pembelajaran Kooperatif
..........(DOWNLOAD)


 

DAFTAR BUKU RUJUKAN

Darhim. 2004. Pengaruh Pembelajaran Matematika Kontekstual Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Siswa Sekolah Dasar Kelas Awal Dalam Matematika. Disertasi, tidak diterbitkan. Bandung: PPS UPI.

Depdiknas. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depdiknas

De Lange, Jan. 1996. Assessment: No Change without Problems. The Netherlands: Freudenthal Institute.

Gravemeijer, K.P.E. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: CD-b Press.

Hadi, Sutanto. (2003). PMR: Menjadikan Pelajaran Matematika Lebih Bermakna Bagi Siswa. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika di Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 27 – 28 Maret 2003. Yogjakarta: Tidak diterbitkan

Ibrahim, Muslimin. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press.

Isjoni. (2010). Cooperative Learning, Efektifitas pembelajaran kelompok. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Nur, Muhammad. (2008). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press

Slavin, Robert E. (2010). Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik (Terjemahan). Bandung: Penerbit Nusa Media

Treffers, A. dan Goffree. 1985. Rational Analysis of Realistic Mathematics Education. The Wiskoba Program. In L.Streefland (ed.), Proceeding of the ninth International Conference for the Psychology of Mathematics Education. Volume 2. Utrecht: OW & OC.

Zulkardi. 2001. Realistics Mathematics Education (RME): Teori, Contoh Pembelajaran dan Teman Belajar di Internet. Makalah yang disampaikan pada Seminar Nasional pada tgl. 4 April 2001 di UPI Bandung: Bandung: tidak diterbitkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


shodik-qlaw. Powered by Blogger and Supported by qlaw community - bebas asalkan sopan