KARAKTERISTIK PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Oleh : ABDUL MUIZ, M.Pd
ABSTRAK
Pendidikan matematika realistik adalah suatu pendekatan pembelajaran dalam matematika yang mengajarkan siswa untuk mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari-sehari. Terdapat 5 (lima) karakteristik dalam pendidikan matematika realistik, yaitu: menggunakan masalah kontekstual (The use of contexts), menggunakan model sendiri (The use of models), menggunakan kontribusi siswa (Student contribution), interaktivitas (interactivity), terintegrasi dengan topik pelajaran yang lainnya (intertwinning). Makalah ini, mencoba memasukkan kelima karakteristik tersebut dalam pembelajaran kooperatif.
Kata Kunci:
Pendidikan Matematika Realistik, Pembelajaran Kooperatif ..........(DOWNLOAD)
DAFTAR BUKU RUJUKAN
Darhim. 2004. Pengaruh Pembelajaran Matematika Kontekstual Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Siswa Sekolah Dasar Kelas Awal Dalam Matematika. Disertasi, tidak diterbitkan. Bandung: PPS UPI.
Depdiknas. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depdiknas
De Lange, Jan. 1996. Assessment: No Change without Problems. The Netherlands: Freudenthal Institute.
Gravemeijer, K.P.E. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: CD-b Press.
Hadi, Sutanto. (2003). PMR: Menjadikan Pelajaran Matematika Lebih Bermakna Bagi Siswa. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika di Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 27 – 28 Maret 2003. Yogjakarta: Tidak diterbitkan
Ibrahim, Muslimin. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press.
Isjoni. (2010). Cooperative Learning, Efektifitas pembelajaran kelompok. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Nur, Muhammad. (2008). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press
Slavin, Robert E. (2010). Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik (Terjemahan). Bandung: Penerbit Nusa Media
Treffers, A. dan Goffree. 1985. Rational Analysis of Realistic Mathematics Education. The Wiskoba Program. In L.Streefland (ed.), Proceeding of the ninth International Conference for the Psychology of Mathematics Education. Volume 2. Utrecht: OW & OC.
Zulkardi. 2001. Realistics Mathematics Education (RME): Teori, Contoh Pembelajaran dan Teman Belajar di Internet. Makalah yang disampaikan pada Seminar Nasional pada tgl. 4 April 2001 di UPI Bandung: Bandung: tidak diterbitkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar