KATA PENGANTAR

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Salam Hormat,

Alhamdulillah, segala puji bagi ALLOH Subhanahu Wa Ta'ala. Tuhan yang telah menciptakan otak dan pikiran pada kita semua sehingga kita dapat membedakan antara yang terang, gelap dan abu-abu.

Setelah sekian lama aku impikan, akhirnya dapat juga menyelesaikan blog ini. Blog ini diperuntkkan untuk siswa, mahasiswa, calon guru, dan guru serta para pencinta MATEMATIKA

Penulis, menyadari bahwa blog ini sangat jauh dari harapan dari para pembaca, untuk itu saran dan kritik membangun dapat langsung diberikan baik melalui sms dan email.

Hormat Kami,
Abdul Muiz, M.Pd
SMS. 081703789269
Email. muiz.math@yahoo.co.id

KEGIATAN PMRI

JEMBATAN PMRI

Kamis, 25 Februari 2010

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN

Apa saja yang akan di nilai dalam pengelolaan pembelajaran di kelas

  1. MEMPERSIAPKAN PEMBELAJARAN

    Komponen Apa saja yang di lihat:

    1. Memotivasi siswa untuk belajar
    2. Menyampaikan tujuan pembejaran
    3. Mengaitkan materi pelajaran dengan materi terkait terdahulu
    4. Mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari


       

  2. MENYAMPAIKAN MATERI PELAJARAN

    Komponen apa saja yang di lihat:

    1. Penguasaan materi pelajaran
    2. Teknik dan cara penyampaian materi
    3. Penggunanaan media yang relevan dengan materi
    4. Menanggapi pertanyaan yang diajukan siswa


       

  3. MEMBANTU PEMAHAMAN SISWA

    Komponen apa saja yang di lihat:

    1. Pengajuan pertanyaan yang relevan dengan materi
    2. Pemberian kesempatan kepada siswa untuk memahami materi
    3. Pemberian kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi
    4. Pemberian kesempatan kepada siswa menanggapi pertanyaan temanya
    5. Pengecekan pemahaman dengan pemberian soal atau latihan


       

  4. MENGAKHIRI PEMBELAJARAN

    Komponen apa saja yang di lihat:

    1. Pemberian kesempatan kepada siswa untuk merangkum materi
    2. Memberikan penilaian dan penghargaan kepada siswa
    3. Mengingatkan siswa untuk mempelajari materi yang akan datang
    4. Memberikan soal-soal lanjutan/tugas rumah

JENIS SOAL MATEMATIKA

Misalkan Materi Pokok Pembelajarannya adalah PERSEGI PANJANG

  1. PEMAHAMAN KONSEP

    Contoh:

    Segi empat ABCD adalah sebuah persegi panjang, dengan AB = 10 cm dan AD = 7 cm. Berapakah luas dan keliling dari persegi panjang ABCD?


     

    Penjelasan:

    Untuk menjawab soal di atas, siswa hanya perlu menentukan panjang dan lebarnya dari persegi panjang, kemudian tinggal menggantikannya pada rumus luas dan kelilingnya.


     

  2. PENALARAN KOMUNIKASI

    Contoh:

    Sebuah persegi panjang yang lebarnya 7 cm mempunyai keliling 34 cm. Berapakah luas dari persegi panjang tersebut?


     

    Penjelasan:

    Untuk mencari luas persegi panjang, siswa harus mencari panjang dari persegi panjang dengan menggunakan rumus keliling persegi panjang.


     

  3. PEMECAHAN MASALAH

    Contoh:

    Selisih panjang dan lebar dari suatu persegi panjang adalah 3 cm. Jika keliling dari persegi panjang tersebut 34 cm, berapakah luas persegi panjang?


     

    Penjelasan:

    Untuk mencari luas persegi panjang, siswa harus mencari panjang dan lebar dari persegi panjang dengan menggunakan rumus keliling dan konsep persamaan linear satu variabel.


shodik-qlaw. Powered by Blogger and Supported by qlaw community - bebas asalkan sopan