IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN, ANTARA HARAPAN DAN TANTANGAN DALAM MENCETAK GURU YANG PROFESIONAL
Oleh : ABDUL MUIZ, M.Pd
ABTRAKS
Tujuan utama perubahan kurikulum adalah menjadikan pendidikan lebih bermutu. Bermutu dapat diartikan penyelenggaraan pendidikan harus dilaksanakan secara profesioanal berdasarkan aturan-aturan yang telah ditetapkan. Dalam pelaksanaannya, guru sebagai tenaga pendidik mempunyai peranan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Untuk itu profesionalisme guru merupakan faktor utama dalam meningkatkan mutu pendidikan. Inilah sebenarnya harapan dan tantangan bagi guru dalam implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Guru yang profesional setidak-tidaknya memiliki 4 (empat) kompetensi yang telah ditetapkan oleh pemerintah, yaitu: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial.
Kata Kunci:, KTSP, Profesionalisme Guru dan Kompetensi Guru...........(DOWNLOAD)
PUSTAKA
Depdiknas. 2003. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003
TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. 2005. PERATUAN PEMERINTAH NOMOR 19 TAHUN 2005 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN. Jakarta : Depdiknas
Depdiknas. 2006. PANDUAN PENYUSUNAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN. Jakarta: Depdiknas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar